Paspor Ditahan Majikan Berakibat Seorang TKI DiPenjara

Seorang tenaga kerja asal indonesia kembali dipulangkan oleh kerajaan malaysia melalui kabupaten Nunukan daerah Kalimantan utara. Pria malang tersebut bernama Amir 42 tahun. dia tertangkap dan di penjara di malaysia sebelum dipulangkan ke negara asalnya.

Amir saat itu ingin merakayakan lebaran idul fitri 1436 Hijriyah, namun siapa sangka niat baiknya justru tidak digubris oleh sang majikan. memang konon banyak perlakuan TKI yang tidak menyenangkan oleh majikannya, namun tidak sedikit pula yang bahagia menjadi TKI. karena jika semua TKI itu di aniaya maka tidak akan ada orang yang mau bekerja menjadi TKI tentunya. iming iming mendapatkan upah yang tinggilah yang mengakibatkan orang berbondong bondong menjadi TKI walaupun dengan cara ilegal sekalipun.

borgol

Naas bagi Amir yang sebenarnya mempunyai paspor kerja resmi yang di keluarkan oeh perusahaannya di karenakan saat dia meminta izin cuti tapi tidak di izinkan oleh majikannya. sang majikan malah menahan paspor si Amir dan menggantinya dengan secarik kertas saja sebagai tanda izin. jelas ini menyalahi aturan, karena namanya anda mau pergi beda negara sudah pasti membutuhkan paspor.

Amir tertangkap di malaysia saat ada razia gabungan dan dia tidak bisa menunjukkan paspor nya. sebenarnya dia sudah berusaha untuk menelpon sang majikan untuk membawakan paspornya, namun apa boleh buat sang majikan tak kunjung datang dan terpaksa dia di tahan selama empat bulan lamanya.

Hukuman kini telah berlalu dan amir sudah dipulangkan ke indonesia serta yang lebih tidak mengenakkan paspornya masih ditahan oleh majikan. nah kalau sudah begini kasihan si amir karena dia harus bikin paspor baru lagi yang tentunya tida mudah mengurus paspor kerja jika paspor lamanya tidak bisa di tunjukkan.