Jozz MotoGP Mandalika Dimulai Penonton Asing Wajib Siapkan Ini!

Menjelang perhelatan balap motor paling bergengsi di dunia, yaitu MotoGP Mandalika, di Pulau Lombok, Indonesia, yang akan diselenggarakan pada Bulan Maret 2022 nanti, praktis seluruh penginapan di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ludes dipesan. Turis mancanegara akan segera memadati pulau ini.

Adanya ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini tak hanya lebih memperkenalkan dan meningkatkan perhatian internasional terhadap Indonesia, namun Pulau Lombok yang dijadikan sebagai arena balap menjadi melambung ketenarannya dalam sekejab.

Dihelatnya MotoGP di Indonesia diklaim bisa menjadi salah satu pilar pendukung pemulihan ekonomi pada sektor pariwisata dengan target turis asing. Hal ini tentu akan mendongkrak pemasukan negara melalui devisa wisatawan mancanegara.

motogp mandalika
MotoGP Mandalika

Covid19 memang sudah meluluhlantakan berbagai sektor perekonomian, khususnya sektor pariwisata selama 2 tahun sejak awal 2020. Geliat pemulihan sektor pariwisata sangat terasa setelah Presiden Jokowi meresmikan sirkuit internasional Mandalika dan mendapat dukungan dari Dorna, selaku Presiden MotoGP untuk medapatkan kontrak penyelanggaraan dan perhelatan balap motor nomer 1 di dunia.

Seiring dengan dibukanya kembali pintu masuk keimigrasian Indonesia terhadap turis asing melalui 2 (dua) border pintu masuk, yaitu Kepulauan Riau dan Pulau Bali, akses bagi wisatawan mancanegara yang akan mengikuti perhelatan MotoGP di Indonesia menjadi terbuka lebar.

Dikutip dari halaman resmi imigrasi.go.id, mekanisme lalu lintas pelaku perjalanan internasional pada ajang MotoGP 2022 Mandalika dilakukan dengan sistem “bubble“.

Mekanisme sistem bubble disini yaitu sebuah sistem yang diterapkan oleh pihak Imigrasi RI demi mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid-19 khususnya variam omicron. Setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan ajang perhelatan balap motor paling bergensi di dunia ini wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah RI.

Orang asing yang ingin menghadiri dan menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 wajib sudah memiliki visa kunjungan (VK), atau ijin masuk lainnya yang sesuai dengan peraturan perudang-undangan.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah, mereka para turis asing pemegang ijin masuk Indonesia, juga sudah harus dan wajib memiliki asuransi kesehatan dengan minimal nilai pertanggungan sebesar $25.000 US Dollar.

Ijin masuk orang asing (WNA) yang dimaksud di atas adalah ijin masuk yang sesuai dengan ketentuan dalam Permenkumham No.34 Tahun 2021dan peraturan Pedoman Pemberian Visa.

Pelaku sistem bubble MotoGP 2022 yang terdaftar secara resmi sebagai pembalap dan ofisial dapat memasuki kawasan MotoGP 2022 di Mandalika melalui pintu masuk Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. 

Sedangkan bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan internasional selain pembalap dan ofisial, dapat menuju kawasan MotoGP Mandalika melalui penerbangan internasional langsung ke Bandara Internasinal Lombok atau dengan transit di pintu kedatangan internasional sesuai dengan Keputusan Kepala Satgas Covid-19. 

Keputusan Kepala Satgas Covid-19 RI mengatur tentang tentang pintu masuk (Entry Point) bagi penyelenggara perjalanan lintas batas, tempat untuk karantina dan kewajiban RT-PCR. 

Setelah semua terverfikasi dan dinyatakan aman, semua pelaku perjalanan internasional non pembalap atau non ofisial dapat melakukan perjalanan domestik menuju kawasan MotoGP 2022.

Demikian sekilas informasi tentang aturan dan tatacara masuk wilayah Republik Indonesia dalam suasana pandemi terkait perhelatan ajang balap MotoGP Madalika 2022.

Jika ada dari sahabat yang membutuhkan bantuan terkait permasahan paspor dan atau permasalahan keimigrasian lainnya, dapat menghubungi kami, Budiarjo Paspor, pada nomer kontak whatsapp aktif kami di :