Keberadaan biro jasa, khususnya biro jasa Paspor RI memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk orang-orang yang memiliki kesibukan padat dan waktu yang terbatas. Jasa mereka sangat dibutuhkan agar semua rencana dapat berjalan sesuai dengan waktunya.
Beberapa orang seperti pebisnis, artis atau karyawan dengan tugas kerja ke luar negeri wajib memiliki paspor agar dapat masuk ke sebuah negara yang dituju. Dan untuk membuat paspor setiap pemohon diwajibkan kehadirannya di kantor imigrasi terdekat untuk melakukan sesi verifikasi dokumen, foto, sidik jari dan wawancara.
Sebelum melakukan beberapa sesi di atas, foto, sidik jari dan wawancara, pemohon diwajibkan terlebih dahulu melakukan pendaftaran permohonan paspor pada aplikasi “Antrian Paspor Online Indonesia”. Tata cara pendaftaran paspor online dapat anda baca di sini.
Setelah anda berhasil mendaftarkan dan mendapatkan barcode permohonan, anda diwajibkan datang ke kantor imigrasi sesuai dengan kantor imigrasi yang dipilih dan sesuai dengan tanggal dan waktu kedatangannya.
Jika anda datang tidak sesuai dengan jam kedatangan saja, maka permohonan anda akan hangus, Dan anda wajib melakukan pendaftaran permohonan ulang melalui aplikasi tadi.
Permasalahannya adalah, jika anda tidak datang, atau gagal proses karena satu dan lain hal, dan anda diwajibkan melakukan pendaftaran online ulang lagi, maka sistem pendaftaran online pada antrian paspor online Indonesia tidak serta merta dapat diakses langsung. Dibutuhkan waktu 30 hari sejak tanggal pendaftaran agar anda dapat mengakses aplikasi tersebut.
Kenapa aplikasi antrian paspor online Indonesia tidak dapat diakses lagi untuk melakukan pendaftaran ulang jika gagal proses?
Hal ini dikarenakan sistem yang dibuat untuk mencegah terjadinya spamming bagi mereka-mereka yang mau memanfaatkan demi keuntungan pribadi. Dan inilah salah satu security sistem yang diciptakan SISTIK (Sistem Informasi dan Teknologi Kimigrasian) tapi membuat dampak yang cukup merugikan.
Kenapa disebut merugikan? Karena ada beberapa yang kurang paham tentang teknologi, atau tidak membaca aturan dan ketentuan yang dicantumkan, mencoba-coba di awal, tapi kemudian di cancel. Tetapi belum 30 hari sejak membatalkan pendaftaran paspor dibutuhkan, dan orang tesebut belum dapat mengakses lagi, harus menunggu lewat dari 30 hari sejak tanggal terakhir mendaftar dan batal.
Untuk meminimalkan hal tersebut, apalagi bagi orang-orang yang sangat sibuk, menggunakan biro jasa Paspor RI adalah sebuah solusi yang bijaksana.
Peran Biro Jasa Paspor
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kami sebagai biro jasa memiliki peran untuk memudahkan proses paspor dan keimigrasian yang dibutuhkan oleh klien kami. Tanpa perlu repot, ribet atau memiliki kemungkinan ditolak oleh imigrasi karena alasan satu dan lain hal.
Kami akan melakukan screening awal dan pengecekan secara teliti dahulu terhadap klien kami, baik dokumen yang dilampirkan, maupun tujuan dalam pembuatan paspor.
Jika dirasa ada yang kurang, misal dalam kelengkapan dokumen, kami akan meminta dokumen pendukung lain agar saat diproses tidak tertolak.
Atau jika dalam screening awal tujuan pembuatan paspor dirasa janggal, kami akan mencari tahu lebih detail agar betul-betul yakin bahwa paspor yang akan diterbitkan untuk klien kami ini tidak akan disalahgunakan, misalnya terhadap potensi tindak pidana terorisme, trafficking atau pekerja ilegal.
Keunggulan Menggunakan Biro Jasa
Beberapa keunggulan jika anda menggunakan biro jasa paspor dalam proses kepengurusan paspor atau dokumen keimigrasian lainnya seperti Affidavit, Kitas atau Kitap adalah :
- Dimudahkan
- Digampangkan
- Cepat
Dimudahkan
Di sini biro jasa memiliki peran mengumpulkan informasi dari pemohon baik dari dokumen pendukung dan tujuan membuat paspor, agar di awal semuanya lengkap, dan memenuhi prosedural yang telah ditentukan oleh imigrasi.
Jika ada kekurangan dokumen pendukung, kami selaku biro jasa Paspor RI akan mencoba mencari solusi terbaik dan termudah.
Cara pengumpulan dokumen, pengecekan, submit dokumen dan proses untuk foto, sidik jari dan wawancara di Kantor Imigrasi akan dikondisikan sebagaimana kondisi dari pemohon. Waktu dan tempat bisa dipilih oleh klien sebagai salah satu fasilitas kemudahan yang didapat.
Digampangkan
Proses pendaftaran permohonan paspor pun sudah digampangkan oleh kami. Pemohon tidak perlu lagi mengaskses aplikasi antrian paspor online Indonesia. Dan kemungkinan gagal akses atau terblokir karena salah jadual atau lainnya dapat terhindarkan.
Proses submit atau pendaftaran dokumen pun dilakukan oleh biro jasa. Jadi klien sudah paham dokumen mana saja yang wajib dilampirkan, dicopi sebagai arsip imigrasi dan membawa perlengkapan tambahan lainnya seperti meterai 10K.
Cepat
Jika anda menggunakan biro jasa paspor dalam kepengurusan paspor anda atau dokumen keimigarsian lainnya, sudah dipastikan akan lebih cepat. Hal ini dikarenakan kami yang akan mengatur semua jadual dan antriannya.
Waktu tunggu anda di imigrasi saat menunggu panggilan untuk foto dan sidik jari tidak lama. Hal ini membuat waktu anda lebih efektif dan efisien. Dan anda dapat lebih leluasa dalam merencanakan schedule kerja.
Bagaimana Memilih Biro Jasa Paspor
Dalam memilih biro jasa paspor tentu anda harus punya kriteria dan trik tersendiri. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak salah memilih dan tidak ditipu oleh mereka yang akan memanfaatkan kebutuhan akan jasa paspor.
Poin-poin yang harus diperhitungkan dalam memilih biro jasa paspor adalah :
- Memiliki nomer telpon yang jelas dan selalu dapat dihubungi,
- Memiliki alamat kantor yang jelas (tercantum di google maps),
- Selalu memberikan informasi yang jelas dan lugas,
- Memiliki metode kerja yang jelas,
- Memiliki solusi yang baik, jelas dan cerdas jika ada masalah,
- Memiliki metode pembayaran yang jelas dan tidak merugikan pelanggan,
- Memiliki situs jasa dan informasi sosial media yang jelas, dan
- Memiliki komitmen yang jelas.
9 poin kriteria di atas dapat menjadi acuan bagi anda dalam memilih biro jasa yang baik. Dan salah satu rekomendasi yang dapat kami ajukan di sini adalah menggunakan Budiarjo Biro Jasa Paspor RI yang memiliki pengalaman sejak tahun 2011 dan berintgritas sangat tinggi dalam bekerja.
Jika anda membutuhkan bantuan proses pelayanan dari Budiarjo Paspor dapat langsung menghubungi nomer whatsapp nya di :